SISTEM Informasi Dalam Dunia Bisnis
Konsep Dasar :
SISTEM Informasi Dalam Dunia Bisnis
( Foundations of Information Systems in Business )
Foundations of Information Systems in Business
Mengapa mempelajari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi ?
- SI & TI telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi
- TI termasuk SI berbasis Internet yang dapat membantu segala jenis bisnis meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial, dan kerjasama kelompok kerja, hingga memperkuat posisi kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah
- TI & SI berbasis internet digunakan mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi e-commerce, atau dalam aktifitas bisnis lainnya.
- Rangkaian orang, prosedur, dan sumber daya yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi
- Sebuah sistem yang menerima sumber daya data sebagai input dan memprosesnya ke dalam produk informasi sebagai outputnya
Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi ?
Input of
Data
Resources
Processing
Data
Output of
Information
Products
Pengawasan Kegiatan SistemStorage of Data Resources/Penyimpanan
Teknologi Informasi
- Terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, komunikasi, manajemen database, dan teknologi pengolahan informasi lainnya yang dipergunakan dalam suatu sistem informasi yang berbasiskan komputer
- Interaksi yang dinamis dari sistem informasi berbasis komputer dengan telekomunikasi sebagai tulang punggungnya.
- Teknologi Hardware komputer, termasuk mikrokomputer, server berukuran menengah, dan sistem mainframe besar, serta alat-alat input, output dan media penyimpanan yang mendukung
- Teknologi Software komputer, termasuk software sistem operasi, pencari Web, alat pembuat software, dan software aplikasi untuk bisnis seperti untuk manajemen hubungan pelanggan dan manajemen rantai pasokan
- Teknologi jaringan komunikasi, termasuk media telekomunikasi, prosesor, dan software yang dibutuhkan untuk menyediakan akses kabel dan nirkabel, serta dukungan untuk jaringan internet dan jaringan pribadi berbasis Internet, seperti Intranet dan ekstranet
- Teknologi Manajemen Sumber Daya, termasuk software sistem manajemen database untuk mengembangkan, mengakses dan memelihara database organisasi
Profesional Bisnis
Lima area pengetahuan yang perlu bagi pemakai (end user) dalam rangka memahami sistim informasi adalah:
- Konsep dasar. Pemakai harus terbiasa dengan komponen dan jenis sistim informasi yang ada. Tetapi mereka juga harus terbiasa dengan teori tentang sistem secara umum dan teori tentang pengolahan informasi ( mesin dan manusia).
- Teknologi Informasi.Pemakai perlu memahami teknologi, tepatnya, teknologi informasi mengenai perangkat keras,perangkat lunak,telekomunikasi,database management, dan bagaimana semua unsur-unsur ini berinteraksi dalam suatu proses secara dinamis dalam perubahan yang terjadi dengan sangat cepat, pengembangan, dan cara yang baru dalam melakukan bisnis
4. Proses Pengembangan. Pemakai Sistem Informasi harus mengetahui konsep dasar tentang pemecahan masalah dan pengembangan. Di sini kamu perlu menjadi terbiasa dengan metodologi pendekatan sistem , daur hidup pengembangan sistem, dan membuat prototip (mengembangkan sistem yang lama ke yang baru)
5. Mengelola tantangan. Bagaimana para manajer menggunakan sumber daya Sistem Informasi sebagai suatu kunci untuk berhubungan dengan pemakai. Terlebih lagi, pengetahuan tentang manajemen perlu dikuasai oleh masing-masing pemakai , karena IT menuntut pemakai akhir dapat membuat keputusan yang mandiri dalam mendukung pencapaian sasaran perusahaan secara keseluruhan (mengetahui target keinginan pasar)
Peran Utama/ Dasar Sistem Informasi
M’dukung
Berbagai strategi
Untuk keunggulan
kompetitif
Mendukung pengambilan
Keputusan dalam bisnis
Mendukung proses dan operasi bisnis
Peran utama SI- Mendukung Operasi Bisnis . Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistim informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan Sistim Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting .
- Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Sistim informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
- Mendukung Keunggulan Strategis. Sistim informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat men-ciptakan keunggulan bersaing di pasar
- Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain
-
- mampu bersaing di pasar global = (terjadinya perdagangan bebas, mengetahui peluang pasar, pemanfaatan internet.
- membentuk kelompok kerja yang luas = ( merger dengan perusahaan lain, perusahan pusat dengan cabang)
- membentuk sistem delivery yang meluas = ( adanya perwakilan2 delibvery disetiap cabang, dibentuk pelaksanaan transaksi melalui internet)
-
- meningkatkan produktivitas = ( perencanaan jadwal kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur)
- meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.= peningkatan daya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera masyarakat, meningkatkan kepuasan pelanggan.
- menyediakan pelayanan selama 24 jam = internet, mobil banking, layanan hotline
Peran e-Business dalam Bisnis
P’manufakturan
Dan
produksi
Rekayasa
Dan
penelitian
Akuntansi
Dan
keuangan
Pemasok & Mitra bisnis lainnya
Manajemen Rantai Pasokan :
Pegadaan barang, distribusi, dan logistik
Manajemen Hubungan Pelanggan :
Pemasaran Penjualan Layanan Pelanggan
Konsumen dan pelanggan bisnis
Batasan
Perusahaan
Intranets
The Internet
Extranets
Extranets
Perusahaan yang melakukan e-businessInternet dan teknologi serta aplikasi yang terkait membuat perubahan drastis dalam cara orang bekerja dan mengoperasikan bisnis , dan bagaimana teknologi informasi mendu-kung kegiatan operasi bisnis dan aktivitas kerja para pemakai .
- Bisnis dengan cepat akan berubah menjadi perusahaan e-business.
- Internet dan jaringan serupa Internet didalam perusahaan (intranets), dan jaringan antar peru-sahaan dan mitra dagangnya (extranets) akan menjadi infrastruktur Teknologi Informasi yang utama dalam mendukung kegiatan operasi bisnis dari sebagian besar perusahaan.
- Perusahaan e-business bersandar pada teknologi seperti diatas karena:
- Rekayasa kembali dan revitalisasi proses bisnis internal
- Menerapkan sistem perdagangan elektronik antara perusahaan dengan para penyalur dan pelanggan mereka.
- E-Business:
- Didefinisikan sebagai penggunaan Teknologi Internet kedalam jaringan kerja dan pemberda-yaan proses bisnis, perdagangan secara elektronik, komunikasi dan kerja sama/kolaborasi dalam perusahaan(internal) serta dengan pelanggannya, para penyalurnya, dan stakeholders bisnis lainnya.
Data
Processing
Management
Reporting
Decision
Support
Strategic &
End User
Electronic
Commerce
1950-1960
1960-1970
1970-1980
1980-1990
1990-2000
Electronic
Data
Processing
- TPS
Management
Information
Systems
Decision
Support
Systems
- Ad hoc
Reports
End User
Computing
Exec Info Sys
Expert Systems
SIS
Electronic
Business &
Commerce
-Internetworked
E-Business &
Commerce
Sejarah Peranan SI
- Pengolahan Data: 1950s- 1960’s:
- Sistem Pengolahan data secara elektronik. memproses Transaksi, Pencatatan, dan aplikasi akuntansi tradisional
- Pelaporan Manajemen : 1960s- 1970’s:
- Sistem Informasi Manajemen. Menyampaikan kepada Manajemen informasi dalam bentuk atau format tertentu, untuk mendukung pengambilan keputusan oleh manajer.
- Dukungan Keputusan: 1970s- 1980s:
- Sistem Pendukung Keputusan. Dukungan secara interaktip dalam proses pengambilan keputusan managerial.
- Dukungan Strategis danPemakai : 1980s- 1990’s:
- Sistem “Hitungan” bagi Pemakai. Memberi dukungan kegiatan hitung-menghitung untuk mening-katkan produktivitas pemakai dan kerja sama/kolaborasi atar kelompok kerja.
- Sistem Informasi Eksekutif. Menyajikan Informasi yang kritis bagi Manajemen Puncak
- Sistem Pakar: Menyediakan Informasi atau nasihat/advice bagi pemakai dari Sistem yang berbasiskan Knowledge/pengetahuan dari para pakar,.
- Sistim Informasi Strategis. Produk dan jasa yang strategis untuk keunggulan bersaing
- Perdagangan Dan Bisnis Elektronik: 1990’s- 2000’s:
- Sistem Jaringan e-business dan e-commerce. Jaringan perusahaan e-business dan e-commerce yang beroperasi secara global/mendunia dengan menggunakan Internet, intranets, extranets, dan sistem jaringan lainnya.
Jenis-jenis Sistem Informasi
Sistem
Pemrosesan
Transaksi
Sistem
Pengendalian
proses
Sistem
Kerjasama
Perusahaan
Sistem
Pendukung
Operasi
Sistem
Informasi
Manajemen
Sistem
Pendukung
Keputusan
Sistem
Informasi
Executive
Sistem
Pendukung
Manajemen
Sistem Informasi
Dukungan
Untuk
Operasi
bisnis
Dukungan
Untuk
Pengambilan
Keputusan
Manajerial
Jenis Jenis SISistim Informasi dapat dikelompokkan berdasarkan jenis dukungan yang dapat mereka sediakan bagi suatu organisasi.
- Sistem pendukung Operasi, mengolah data yang dihasilkan atau digunakan dalam operasi bisnis. Sistem ini menghasilkan berbagai produk (informasi) untuk keperluan/penggunaan internal dan eksternal. Sistem Pendukung Operasi tidak menekankan pada membuat suatu produk informasi spesifik/khusus bagipara manajer. pada umumnya diperlukan pengolahan lebih lanjut oleh Sistem Informasi Manajemen.
-
- Memproses transaksi bisnis secara efektif
3.Mendukung komunikasi dan kerja sama/kolaborasi dalam perusahaan
4.Memperbaharui database perusahaan.
Jenis – Jenis SI
Sistem Pendukung Manajemen, membantu para manajer dalam pem-buatan/pengambilan keputusan.
Menyediakan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan bagi semua tingkatan manajer dan para profesional bisnis adalah meru-pakan suatu tugas kompleks. Secara konseptual, beberapa jenis Sistem Informasi mendukung berbagai macam pengambilan keputusan yang menjadi tanggung-jawab manajer.
1.Sistem informasi manajemen- menyediakan informasi dalam wujud laporan dan tayangan/tampilan kepada para manajer dan para profesional bisnis.
2.Sistem Pendukung Keputusan- memberikan dukungan komputer secara langsung kepada para Manajer dalam proses pengambilan atau pembuatan keputusan .
3.Sistem Informasi Eksekutif- menyediakan informasi kritis, baik dari sumber internal maupun eksternal dalam bentuk penampilan tayangan/display bagi para EksekutipManajer dengan cara penggunaan yang mudah (easy-to-use).
Kategori lainnya Sistem Informasi
Sistem Pakar
Sistem Manajemen Pengetahuan
Sistem Bisnis Fungsional
Sistem Informasi Strategis
Sistem Informasi Lintas Fungsi
Kategori lainnya Sistem Informasi
- Sistem Pakar: Sistem berbasis pengetahuan (Knowledge-based) yang menyediakan nasihat atau advice dari para ahli dibidang tertentu dan bertindak sebagai konsultan ahli kepada para pemakai. Contoh: Penasehat Permintaan kredit, memonitor proses, dan sistem diagnostik pemeliharaan.
- Sistem Manajemen Pengetahuan: adalah sistim informasi berbasiskan pengetahuan (knowledge-based) yang mendukung penciptaan , organisasi, dan pendistribusian pengetahuan bisnis kepada para karyawan dan para manajer keseluruh perusahaan. Contoh: Intranet mengakses praktek bisnis terbaik, strategi proposal penjualan, dan sistem penyelesaian/pemecahan masalah pelanggan.
- Sistem Bisnis Fungsional: Mendukung berbagai aplikasi managerial dan operasional dalam mendukung fungsi bisnis dasar suatu perusahaan. Contoh: Sistim informasi yang mendukung aplikasi akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen operasi, dan manajemen sumber daya manusia.
- Sistim Informasi Strategis: adalah Sistim Informasi yang mendukung kegiatan operasi atau Proses Manajemen yang melengkapi perusahaan dengan produk dan jasa strategis, serta kemampuan untuk menciptakan keunggulan dalam bersaing. Contoh: perdagangan bursa/saham secara online , mengikuti/menelusuri pengiriman barang, dan Sistem perdagangan secara elekronik dengan memakai Web..
- Sistim Informasi lintas Fungsi : adalah Sistim Informasi yang terintegrasi yang mengkombinasikan seluruh sistim informasi bisnis diperusahaan, dengan begitu setiap unit kerja menggunakan sumber daya informasi secara bersama.
- Business Strategies
- Business Processes
- Business Needs
- Customer Relationships
- Business Partners
- Suppliers
- Business Customers
Potential Risks?
Potential Laws?
Possible Responses?
- IS Human Resources
- IS Development
- IT Infrastructure
- IS Performance
- Organization Structure
- and Culture
- User Acceptance
- Para Manajer dan Profesional Bisnis yang prospektif (berpandangan maju) perlu menyadari permasalahan dan peluang yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan Teknologi Informasi dan harus belajar bagaimana cara menghadapi tantangan Managerial tersebut secara efektif .
Mengelola (manage) Tantangan Pada Perusahaan E-Business
Proses Pengembangan Solusi Sistem Informasi
Proses Pengembangan Sistem Informasi
- Siklus Pengembangan Sistim informasi secara tradisional adalah berdasarkan langkah-langkah pendekatan sistem(sistem approach) untuk memecahkan suatu masalah:
- Penyelidikan Sistem. Langkah ini dimulai dengan proses Perencanaan Sistim Informasi yang formal, untuk membantu menyeleksi berbagai pilihan peluang yang ada. Secara khusus hal ini berhubungan dengan biaya untuk pengembangan suatu Sistim Informasi, langkah ini meliputi suatu Analisa Cost/Benefit sebagai bagian dari suatu studi kelayakan.
- Analisa Sistem. Langkah ini meliputi suatu rangkaian kegiatan analisa kebutuhan informasi bagi pemakai (akhir), lingkungan organisasi, dan sistem yang sekarang digunakan untuk menentukan kebutuhan fungsional pada sistem yang baru (akan dirancang).
- Disain Sistim. Pada langkah ini dirancang spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, orang-orang, dan sumber daya data bagi sistem tersebut. Menentukan/merumuskan informasi yang di-harapkan akan dihasilkan oleh Sistem yang baru nanti.
- Implementasi Sistem. Pada langkah ini organisasi mengembangkan atau mengadakan perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem yang dirancang tsb. Uji coba terhadap sistem dan pelatihan bagi orang-orang yang akan mengoperasikan dan menggunakan sistem adalah juga bagian dari langkah ini. Akhirnya, organisasi harus melakukan kegiatan konversi dari sistem lama kepada sistem yang baru.
- Pemeliharaan Sistem. Didalam langkah ini, manajemen melakukan suatu proses peninjauan ulang(review) pasca implementasi, untuk memonitor, mengevaluasi, dan melakukan modifikasi terhadap sistem yang baru tersebut jika memang dibutuhkan
- Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan bisnis, seperti fungsi akuntansi, keuangan, manaj. Operasional, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia
- Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas, dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan pelanggan
- Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer dan praktisi bisnis
- Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompentitif, yang memberikan organisasi kelebihan strategis dalam pasar global
- Peluang karier yang dinamis, memuaskan, serta menantang bagi jutaan pria dan wanita
- Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan
Komponen Sistem Informasi
- Sistem Informasi adalah suatu kombinasi terorganisir orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunkasi dan sumber daya data yang dikumpulkan, diubah bentuknya (transform) dan mendistribusikan informasi dalam suatu organisasi.
- Sistem adalah sekelompok elemen yang saling berhubungan atau berinteraksi hingga membentuk suatu kesatuan
- Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur, sistem semacam ini sering juga disebut dengan istilah sistem dinamis
fungsi dasar yang berinteraksi :
- Input
- Pemrosesan
- Output
mengawasi dan mengatur dirinya sendiri
atau sistem yang memiliki komponen umpan
balik dan pengendaliaan
Sistem Adaptif sistem yang memiliki kemampuan
untuk mengubah dirinya sendiri atau lingkungannya
agar dapat bertahan hidup
Komponen-komponen sistem Informasi
Komponen Sistem Informasi
Sumber daya manusia
Para Pakar – Sistem analis, pembuat software, operator sistem
Pemakai akhir – orang-orang lainnya yang menggunakan sistem informas
Sumber Daya Hardware
Mesin – komputer, monitor video, disk drive dll
Media – floppy disk, disk optical, cd dll
Sumber daya software
Program – program sistem operasi, program spreadsheet, dll
Prosedur – prosedur entri data, prosedur pendistribusian, dll
Sumber daya data
Deskripsi produk, catatan pelanggan, file kepegawaian, database persediaan
Sumber daya jaringan
Media komunikasi, pemroses komunikasi, software untuk akses dan pengendalian jaringani
Perbandingan Data dan Informasi
1200 100
West Charles Mann
79154 TM Shoes
Monthly Sales Report
for West Region
Sales Rep: Charles Mann
Emp No. 79154
Item Qty Sold Price
TM Shoes 1200 $100
Pengertian Data & Informasi
- Data:
- Data adalah kata jamak dari “datum”, meskipun demikian data biasanya mewakili keduanya baik bentuk tunggal maupun bentuk jamak.
- Data adalah hasil pengamatan atau fakta yang masih mentah, yang secara khas menggambarkan gejala phisik atau suatu transaksi bisnis.
- Data harus dipandang sebagai sumber daya “bahan baku” yang kemudian diproses ke dalam suatu bentuk “produk” berupa informasi .
- Data pada umumnya diperlukan dalam suatu proses “penambahan-nilai”
- ( pengolahan data atau pengolahan informasi), di mana :
- Bentuk/format nya ditentukan, dirorganisir dan dikembangkan
- Isi nya dianalisa dan dievaluasi
- Data tersebut ditempatkan dalam konteks yang sesuai bagi seorang pemakai.
- Informasi :
- Informasi dapat digambarkan sebagai data yang telah diubah menjadi suatu bentuk spesifik(konteks) yang bermanfaat dan berarti bagi pemakainya.
- Informasi harus dipandang sebagai data yang telah diproses, yang disajikan dalam suatu bentuk spesifik(konteks) yang memberi nilai bagi pemakai.
Atribut Informasi Yang Berkualitas adalah :
- Dimensi Waktu:
- Ketepatan waktu : Informasi harus disajikan ketika diperlukan
- Kondisi keberadaan : Informasi harus terbaru (up-to-date) ketika disajikan
- Frekwensi : Informasi harus disajikan setiap kali Informasi tersebut diperlukan.
- Periode Waktu : dapat disajikan tentang masa lampau, masa kini, dan periode waktu masa yang akan datang.
- Dimensi Isi (content):
- Ketelitian : Informasi harus bebas dari kesalahan
- Keterkaitan : Informasi harus dihubungkan dengan kebutuhan dari penerima informasi yang spesifik dalam suatu situasi yang spesifik pula.
- Kelengkapan : Harus bisa menyajikan semua informasi yang diperlukan.
- Kepadatan : Hanya menyajikan informasi yang diperlukan saja
- Lingkup Informasi Ruang lingkupnya luas atau sempit, fokus kepada informasi eksternal atau internal
- Kinerja/Performance :Informasi dapat mengungkapkan kinerja dengan mengukur penyelesaian aktivitas , kemajuan yang dicapai , atau sumber daya yang terkumpulkan.
- Dimensi Bentuk(Format):
- Kejelasan : Informasi harus disajikan dalam bentuk atau format yang mudah untuk difahami
- Detil/rincian : Informasi dapat disajikan secara detil/rinci atau dalam format ringkasan
- Order : Informasi dapat diatur dalam suatu urutan tertentu.
- Presentasi : Informasi dapat ditampilkan dalam bentuk narasi, angka, gambar/grafis, atau bentuk lain
- Media : Informasi dapat disajikan dalam wujud catatan dokumen atau kertas yang tercetak, tayangan video, atau media lainnya.
Elemen Data logis
Name
Field
Payroll
Record
Payroll
File
Personnel
Database
Elemen Data Logis
- Penyimpanan adalah aktivitas sistem informasi di mana data dan informasi disimpan dalam suatu cara yang terorganisir untuk penggunaan dikemudian hari. Untuk tujuan penyimpanan, data secara khusus diorganisir ke dalam kategori berikut:
- Field. Field adalah sekelompok karakter yang menggambarkan karakteristik orang, tempat, sesuatu hal, atau peristiwa. Pada slide/tayangan ini, nama seseorang adalah merupakan suatu field.
- Record. Record adalah suatu kumpulan dari field yang saling berhubungan. Sebagai contoh, suatu record daftar gaji karyawan, pada umumnya berisi beberapa field, seperti nama mereka, nomor jaminan sosial, departemen/unit kerja, dan gaji.
- File. File adalah suatu kumpulan dari record yang saling berhubungan. Sebagai contoh, suatu file daftar gaji berisi record gaji untuk semua karyawan suatu perusahaan.
- Database. Database adalah suatu kumpulan terintegrasi dari file yang saling berhubungan.
- Sebagai contoh, database personil suatu perusahaan berisi file gaji, kegiatan personil, dan ketrampilan karyawan.
** James A. O’Brien
http://highered.mcgraw-hill.com/sites/0072472642/
JOSEPHINE PURBA, S.KOM
Tidak ada komentar :
Posting Komentar